Selasa, 29 September 2015

Jangkar Nusantara Luncurkan Aksi #PeaceMasker

Merespon secara spontan kebakaran lahan yang menjebak warga di beberapa kota di Indonesia, kami menimbang hal kecil. Apa yang bisa dilakukan untuk mendukung para survivor yang kebanyakan adalah warga, bukan pengusaha dan pemilik lahan yang terbakar atau sengaja dibakar. Apa yang bisa dilakukan untuk menjadikan momen ini sebagai ajang kita membangun kesadaran tentang solidaritas dan keberpihakan bagi rakyat yang termarginalkan. Rakyat desa yang
harus menelan kabut asap setiap hari sementara mereka bahkan tidak tahu asap muncul dari lahan siapa.

Maka secara spontan digelar aksi #PeaceMasker sebagai aksi damai dan aksi digital dalam menggalang solidaritas. Mengajak setiap orang untuk mau berkontribusi sebisanya, semampunya, tanpa ketakutan menjadi susah karena membantu. Jangkar Nusantara memfasilitasi siapapun yang hendak membantu dengan pertama mengumpulkan dana dari para donatur. Dana yang terkumpul akan dibelikan masker dan disalurkan ke wilayah yang menjadi prioritas kita. Jangkauan bantuan minim dan berada di sekitar titik api atau kebakaran. Sementara hal kedua dengan memberikan info jejaring di daerah bagi mereka yang mau membantu dalam bentuk barang. Sebab JN sejauh ini hanya bergerak secara digital sehingga seluruh proses membantu diharapkan berlangsung sederhana, cepat dan memanfaatkan sarana digital.

Bantuan tahap pertama yang digelar sepenuhnya sudah dikirim ke daerah untuk disalurkan. Untuk bantuan ke Jambi sedang dalam persiapan distribusi ke 2 desa yang dipilih relawan. Khusus ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, bantuan masih dalam perjalanan. Bagi kami Tim Jangkar Nusantara, ini pengalaman baru termasuk mengenali karakteristik masker. Sebagaimana dari Kalteng yang meminta jenis masker N95. Meski dana yang masuk sungguh terbatas, toh kita berusaha memenuhi meski tak sebanyak yang diharapkan.

Jangkar Nusantara dalam kapasitasnya mengkampanyekan solidaritas tak lebih dari satu bagian kecil dari rangkaian panjang solidaritas besar kemanusiaan. Menawarkan jalan bagi mereka yang merasa belum layak, belum mampu, tak punya apa-apa. Sebab dengan bersama, keterbatasan masing-masing kita bisa menjadi suatu inspirasi tanpa batas. Sebab kita membantu bukan sekadar untuk memberi, tetapi juga menerima kesadaran dan rasa syukur atas hidup kita.

Kali ini, kami mengajak lagi anda sekalian. Baik yang sudah sadar tapi merasa tak mampu membantu. Atau yang belum sadar bahwa ada sesuatu yang bisa kita lakukan untuk membantu sesama. Mari bersama bergabung dalam aksi ‪#‎PeaceMasker‬ dan bangun solidaritas terhadap sesama kita korban asap pembakaran lahan. Bagi yang bisa melakukan lebih dari sekadar membantu dengan masker akan lebih baik, khususnya bantuan pemeriksaan kesehatan bagi ibu dan anak di daerah terdampak asap. Tapi melalui Jangkar Nusantara kami khusus mengundang kita yang merasa baru mampu memberi sedikit, kecil, tak berarti, bantuan kita. Bantuan yang sejatinya besar bila kita sadari ia berasal dari keterbatasan kita.

Salurkan bantuan anda, seberapapun yang anda bisa melalui rekening a.n Agustina Primanita Sapeai BCA No Rek: 4565037499. Bantuan berupa Masker disarankan langsung dikirim ke daerah melalui relawan kami disana, dapat menghubungi kontak Jangkar Nusantara di 0812 2729 2686.

Salam aktiPEACE! ‪#‎PeaceMustCare‬ #PeaceMasker

-Mohon info ini dibagikan di TL socmed anda maupun teman-teman anda. Mari dukung aksi ini hingga Oktober. Semoga kabut asap segera bisa diatasi-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan catatan, komentar atau saran. Terima kasih