Minggu, 19 Januari 2014

Dukung Petisi Pendidikan tuk Sinabung


Sejak erupsi Sinabung pada September 2013 dampaknya semakin meluas hingga hari ini. Puluhan ribu hektar lahan pertanian rusak, perekonomian masyarakat terganggu dan lebih dari 25.000 jiwa terpaksa mengungsi. Berbulan-bulan hidup dalam ketidakpastian dan penanganan bencana yang belum maksimal melahirkan persoalan-persoalan sosial ekonomi baru. 
Salah satu hal yang paling dikhawatirkan para pengungsi adalah masa depan pendidikan puteri-putera mereka yang menempuh studi di berbagai sekolah dan perguruan tinggi. Dapat dipastikan akibat bencana ini sumber mata pencaharian pengungsi yang sebagian besar petani telah terhenti. Tentu saja dukungan pembiayaan untuk studi dan hidup anak-anak mereka di perantauan menjadi terganggu. 
Gerakan Solidaritas Oentoek Sinabung (SOS) digalang oleh beberapa rekan muda di Yogyakarta dari lintas komunitas untuk mencoba mengingatkan publik akan arti pentingnya penanggulangan dampak bencana yang mengancam masa depan pendidikan puteri-putera survivor Sinabung. Gerakan kecil yang terbatas ini tidak mampu berbuat lebih tanpa dukungan publik. Banyak permohonan dukungan dari berbagai kota atas kondisi keuangan keluarga di pengungsian yang kesulitan mendukung pendidikan mereka. Sementara itu tak banyak perguruan tinggi yang cukup peka terhadap situasi mereka. 
Untuk itu bersama mari kita meminta Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan agar segera melakukan tindakan nyata melalui kebijakan penanggulangan bencana baru, bencana putusnya pendidikan puteri-putera survivor Sinabung. Mari dukung petisi ini agar Mendikbud memberikan jaminan pendidikan baik beasiswa dan sejenisnya untuk menyelamatkan masa depan pendidikan mereka.


Dukung dan swarakan harapan para survivor Sinabung!

Kordinator Eksekutif
Jangkar Nusantara


Thomas Robiana Sembiring
Untuk mendukung kunjungi Change.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan catatan, komentar atau saran. Terima kasih